>

Kenali 4 Jenis Sakit Kepala yang Harus Diwaspadai

4 Jenis Sakit Kepala

VADCOY - Dalam postingan kali ini, Admin akan menjelaskan tentang jenis-jenis sakit kepala yang dialami oleh seseorang. Gangguan kesehatan yang sering ditimpa oleh seseorang adalah sakit kepala, baik berupa pusing atau sakit kepala sebelah. Terutama pada orang-orang kantoran, mereka sangat rentan terkena penyakit yang satu ini, karena pekerjaannya selalu berpacu pada pikiran. Pekerja kantoran identik dengan pekerjaan yang memforsir otak dibandingkan dengan pekerja bangunan yang berlawanan dengan pekerja kantoran, yaitu selalu mengandalkan otot.

Bukan hanya pekerja kantoran saja yang rentan mengalami sakit kepala, tetapi setiap jenis pekerjaan yang berhubungan dengan otak, seperti pelajar, mahasiswa, manager, dan yang lainnya. Memang itulah risiko dalam bekerja, jika seseorang terlalu banyak memforsir tenaga dalam bekerja seperti kuli bangunan, maka badannya akan cepat capek dan bisa terserang penyakit punggung. Tetapi jika terlalu banyak memforsir otak dalam bekerja seperti orang kantoran, maka ia akan mudah terserang penyakit kepala.

Ada beberapa jenis sakit kepala yang harus diwaspadai oleh orang-orang yang bekerja dengan menggunakan otaknya. Apa saja jenis-jenisnya? Berikut adalah jenis-jenisnya.

1. Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang terjadi karena adanya penegangan otot-otot di otak. Seseorang yang mengalami sakit kepala seperti ini, biasanya mengalami gejala-gejala seperti kepala seolah diikat, tegang pada otot-otot pundak, bahu, leher, dan rahang. Sakit kepala jenis ini juga sering dihubungkan dengan stres, depresi, kecemasan, kurang tidur, telat makan, dan pengguna obat-obatan.

Selain penyebab di atas, ada penyebab lain dari penyakit jenis ini. Penyebabnya dari posisi kepala yang menetap dalam jangka waktu yang lama, seperti orang-orang kantoran yang sering duduk di depan komputer, menulis lama di meja dan sejenisnya. Bahkan salah posisi tidur atau memaksakan diri dalam bekerja juga bisa mengakibatkan penyakit ini. 


2. Migrain 

Migrain adalah sakit yang dialami oleh kepala di bagian kiri atau kanan, atau bisa juga disebut dengan sakit kepala sebelah. Penyakit jenis ini merupakan penyakit dengan gejala yang cukup berat dan berulang. Seseorang yang mengalaminya ditandai dengan berdenyut di bagian kepala yang sangat hebat. Biasanya ia akan mengalami sakit ini selama berjam-jam atau seharian. Migrain belum diketahui pasti apa penyebabnya, namun para dokter memperkirakan penyebab dari penyakit ini, seperti bekerja terlalu berat, kurang tidur, dan telat makan.

3. Cluster 

Jenis ini merupakan sakit kepala yang rasanya tajam seperti ditusuk-tusuk, sangat menyakitkan, dan sering kambuh menurut periode tertentu. Sakit jenis ini juga datang berdasarkan waktu yang berlangsung minggu atau bulan. Selama periode di mana cluster terjadi, nyeri kepala biasanya terjadi beberapa kali sesuai penderitanya. Lamanya nyeri sangat variabel, antara 30-90 menit rata-rata. Jika periodenya di waktu pagi, maka periode berikutnya juga akan terjadi di waktu itu. 

 

4. Sinus

Sesuai dengan namanya, sakit kepala ini dirasakan terutama di bagian depan kepala dan wajah sesuai dengan lokasi sinus yang terkena. Sinus disebabkan karena peradangan yang terjadi pada rongga sinus yang terletak pada dahi, hidung, dan sekitar mata. Sakit ini juga akan bertambah berat jika kepala ditundukkan ke depan dan saat bangun tidur pagi. Jadi, sakit ini terjadi karena adanya peradangan pada sinus sehingga mengakibatkan kepala ikut menjadi sakit.

Itulah beberapa jenis sakit kepala yang harus diwaspadai oleh setiap orang, terutama bagi mereka yang bekerja dengan otaknya.

Belum ada Komentar untuk "Kenali 4 Jenis Sakit Kepala yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel