>

Hati-Hati ! 4 Dampak Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

Dampak Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

VADCOY - Duduk adalah suatu aktivitas yang baik untuk mengistirahakan kaki kita yang terasa pegal karena lama berdiri, sehingga kaki kita pun akan menjadi segar kembali. Maka untuk memulihkan kekuatan agar kaki kita kembali normal, salah satunya adalah dengan duduk. Tapi, apabila aktivitas tersebut kita lakukan dengan waktu yang lama, maka bukan kesehatan yang akan kita dapatkan. Jika kita duduk terlalu lama, maka akan menyebabkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan. Adapun dampak buruk akibat duduk terlalu lama adalah sebagai berikut.

1. Leher dan Tulang Belakang Terasa Sakit

Duduk dalam waktu yang lama bisa menyebabkan sakit pada leher dan tulang belakang kita. Hal ini karena duduk dalam waktu yang lama, kemudian ditambah dengan posisi yang kurang nyaman dapat membuat tulang leher tegang dan punggung nyeri.

Duduk terlalu lama juga bisa menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang, sehingga bisa menyebabkan sakit pada leher dan tulang belakang. Maka lakukanlah relaksasi selama 30 menit sekali jika leher dan tulang belakang kita tidak ingin terasa sakit. Relaksasinya dengan cara berdiri walaupun hanya sebentar.

2. Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Ambeien

Dampak buruk selanjutnya adalah bisa meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit ambeien, kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Duduk terlalu lama juga bisa meningkatkan tekanan darah tinggi, meningkatkan gula darah, dan meningkatkan lemak tubuh. Kemudian penyakit yang diakibatkan dari duduk terlalu lama adalah menyebabkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lambat, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.


3. Membuat Kinerja Otak Menjadi Lemah

Bagi orang-orang yang bekerja di depan komputer, mereka duduk dan mengerjakan pekerjaan di depan komputer dengan menggunakan otak untuk berpikir. Jika mereka duduk dalam jangka waktu yang lama dengan tidak melakukan relaksasi, maka hal ini dapat melemahkan otak mereka. Karena jika bergerak untuk relaksasi, maka otot akan bergerak memompa darah dan oksigen ke otak dan akan memicu pelepasan zat kimia dalam otak. Tapi, jika duduk terlalu lama akan membuat fungsi otak menjadi lebih lambat. Karena peredaran darah dan oksigen ke otak berjalan lebih lambat. Jadi, lakukanlah relaksasi sebisa mungkin, walaupun hanya sebentar! Karena hal itu bisa membuat otak kita menjadi fresh kembali.

4. Melemahkan Otot Tubuh

Otot tubuh kita tidak digunakan selama kita duduk. Apalagi jika kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk seharian daripada berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas lainnya. Ketika kita berdiri, otot perut kita akan menjadi tegang, sehingga otot perut pun terus bekerja. Tetapi ketika kita duduk dalam waktu yang lama, otot perut pun tidak akan digunakan, sehingga otot perut bisa menjadi melemah.


Oleh karena itu, lakukanlah relaksasi sebisa mungkin agar kita tidak terkena dampak-dampak buruk tersebut. Jika kita lupa untuk melakukan relaksasi, maka caranya dengan memasang alarm setiap 30 menit sekali untuk mengingatkan kita melakukan relaksasi. Relaksasinya dengan cara berdiri beberapa menit saja. Lalu kita bisa kembali duduk untuk melakukan aktivitas yang dilakukan dengan cara duduk tersebut. Semoga bisa bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati ! 4 Dampak Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel