>

Perbedaan Ekstrovert dan Introvert yang Harus Kamu Tau

Perbedaan Ekstrovert dan Introvert

VADCOY - Secara umum karakter manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu si ekstrovert karakter dan si introvert karakter. Apa itu ekstrovert dan introvert? Baik mari kita bahas satu persatu terlebih dahulu bagaimana sih ciri–ciri orang yang berkarakter eksrovert dan introvert, apa yang membedakan kedua karakter tersebut?

Kedua karakter tersebut jelas berbeda guys, tapi secara personal seseorang memiliki karakter uniknya masing-masing, jadi tidak mesti satu individu memiliki karakter introvert atau ekstrovert 100 %. Bisa saja kita memiliki karakter keduanya, tapi yang membedakan adalah persentase kecenderungan karakter kita. Bisa jadi kita lebih cenderung pada karakter ekstovert, atau sebaliknya kita bisa jadi cenderung ke karakter introvert.

Ciri-Ciri Ekstrovert


Oke oke! Kita langsung aja supaya kalian bisa memahami apa yang saya katakan tadi. Jadi gini! ekstrovert adalah suatu karakter seseorang dengan ciri–ciri sebagai berikut.
  1. Si pemilik karakter ekstrovert ini mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan atau orang baru, mereka sangat mudah menempatkan diri ketika masuk dalam suasana yang baru. Karena kelebihannya inilah biasanya orang-orang ekstrovert memiliki lingkar pertemanan yang banyak, dan biasanya mereka bisa langsung akrab, bahkan dengan orang yang baru di temuinya. Setengah jam lalupun bisa terasa sepeti sudah mengenalinya bertahun-tahun.
  2. Ekstrovert juga cenderung aktif dan suka sekali menjadi pusat perhatian banyak orang. Jadi, biasanya mereka selalu berusaha menjadi orang paling menonjol di antara yang lainnya.
  3. Ekstovert juga dinilai sebagai sosok yang pemberani, berkemauan kuat, serta mampu menemukan cara dalam memecahkan suatu masalah. Orang dengan tipe kepibadian ini memiliki bakat karisma dan kepercayaan diri yang tinggi, sehingga banyak orang yang tertarik dan merasa nyaman dengan ekstrovert ini.
  4. Ekstrovert juga biasanya senang beradu argumen dan merupakan pendebat yang hebat, karena si ekstrovert ini sangat menyukai proses menghancurkan argumen lawannya untuk mendapatkan banyak simpati dari orang lain.
  5. Ekstrovert juga biasanya pekerja keras dan sangat peka terhadap orang lain.
  6. Ekstrovert juga sangat menyukai tantangan dan hal-hal baru.
  7. Kebanyakan para ekstrovert adalah orang yang mempunyai spontanitas tinggi dan memiliki selera humor yang tinggi, jadi tidak heran jika selalu membuat orang di sekitarnya tertawa.
  8. Karena ekstrovert ini orang yang senang bersosialisasi, maka kelemahan dari orang yang memiliki karakter ini adalah mereka tidak bisa sendiri. Dia akan merasa sangat terpuruk jika lingkungan tidak mempedulikannya, karena energinya ada ketika menjadi pusat perhatian. Dan mereka juga cenderung lebih mementingkan kualitas pertemanan yang banyak. Akibatnya, ekstrovert ini sangat jarang memiliki hubungan persahabatan yang dekat dan dalam.

Ciri-Ciri Introvert


Lalu bagaimana ciri–ciri orang yang memiliki karakter introvert? Oke sabar! Mari kita mulai bahas tentang introvert ini. Karakter ini juga merupakan karakter yang unik, biasanya orang menganggap introvert adalah pemalu atau dalam kata lain orang yang sulit bergaul. Tapi yang sebenarnya, mereka bukannya pemalu atau tidak percaya diri seperti itu. Tetapi introvert biasanya adalah orang yang tidak mudah terbuka dengan orang yang baru dia kenal dalam hitungan waktu yang singkat. 

Oke, langsung saja inilah ciri–ciri kuat yang dimiliki oleh sosok introvert.

  1. Tidak suka basa-basi, mereka cenderung "to the point" ketika menyampaikan seuatu.
  2. Karakter ini biasanya tidak mudah nyaman dengan orang–orang baru atau lingkungan baru, biasanya si pemilik karakter introvert akan banyak meneliti dan menyeleksi hal-hal yang akan masuk ke dalam dunianya untuk memastikan bahwa hal baru itu tidak akan mengganggu kenyamanannya.
  3. Introvert ini juga biasanya teliti dan sipemerhati hal-hal besar, bahkan sampai hal-hal kecil. Jadi, jangan heran biasanya pemilik karakter ini adalah orang yang perveksionis.
  4. Berbeda dengan ekstrovert yang lebih suka ketika menjadi pusat perhatian, introvert ini justru tidak merasa nyaman jika berada di tengah keramaian. Bukan berarti mereka tidak bisa bersosialisasi, bisa saja mereka adalah orang yang hebat dalam bersosialisasi, tapi mereka lebih nyaman dalam hal-hal yang tenang atau dalam situasi menenangkan. Adapun ketika introvert ini telah mengabiskan banyak waktu dalam kegiatan keramaian, untuk memulihkan energinya kembali, biasanya introvert ini hanya butuh waktu seharian di kamar tanpa bertemu siapapun. Maka energinya akan kembali membaik di keesokan harinya.
  5. Introvert juga biasanya lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas. Sehingga biasanya mereka hanya memiliki lingkar pertemanan yang sedikit, tapi persahabatan mereka ini biasanya sangat dalam, bahkan sudah seperti keluarga sendiri.
  6. Berbeda dengan orang-orang jauh yang memandangnya pendiam, dingin, dan kaku. Sahabat-sahabtnya justru akan menganggap dia adalah pribadi yang sangat menyenangkan, totalitas, dan mungkin konyol dalam persahabatan.
  7. Introvert ini juga tidak menyukai hal hal yang dapat mengganggu privasi dirinya. Maka mereka akan lebih nyaman sendiri, bahkan baginya melakukan perjalanan atau sekedar makan siang di luar tanpa teman bukanlah hal besar.
  8. Biasanya introvert lebih menyukai suasana belajar tenang hanya sendiri atau berdua dengan pembimbing, dibandingkan belajar kelompok atau ramai-ramai. Mereka tidak akan bisa konsentrasi.

Rekomendasi: Nilai-Nilai yang Terkandung pada Sila Pertama dalam UUD 1945

Nah itulah bedanya ekstrovert dan introvert secara gambaran besar. Jadi, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Tentunya dengan mengenali karakter diri kita yang sebenarnya, kita bisa mudah menyesuaikan kegiatan atau pekerjaan seperti apa yang cocok untuk karakter kita ini agar hasilnya lebih maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Ekstrovert dan Introvert yang Harus Kamu Tau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel