>

Manfaat Teknologi Berbasis Komputer pada Proses Pembelajaran

Manfaat Teknologi Berbasis Komputer

VADCOY - Pada pembahasan kali ini, Admin mau menjelaskan tentang manfaat teknologi berbasis komputer pada proses pembelajaran. "Proses pembelajaran di mana Min?" Tentunya proses pembelajaran di sekolah donk! Jadi, Maksud dari teknologi berbasis komputer adalah cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan belajar dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor coy.

Pada dasarnya, teknologi tersebut manampilkan informasi kepada peserta didik melalui tayangan di layar monitor. Ada berbagai aplikasi komputer dalam proses pembelajarannya, biasanya disebut Computer Based Instruction (CBI), Computer Assisted Instruction (CAI), Instruction Assisted Learning (IAL). Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai pembelajaran berbantuan komputer coy.

Di sini ada beberapa karakteristik pada teknologi komputer, baik yang berupa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) coy, antara lain sebagai berikut.
  • Bisa digunakan secara acak, di samping secara linier.
  • Bisa digunakan sesuai keinginan peserta didik, di samping menurut cara seperti yang dirancang oleh pengembangnya.
  • Ide-ide biasanya diungkapkan secara abstrak dengan menggunakan kata, simbul, dan grafis.
  • Prinsip-prinsip ilmu kognitif diterapkan selama pengembangan.
  • Belajar bisa berpusat pada peserta didik dengan tingkat interaktivitas tinggi.
Teknologi komputer juga bisa digunakan sebagai media yang memungkinkan seseorang belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep coy. Hal ini dimungkinkan karena teknologi komputer mempunyai kemampuan untuk menyimpan dan memanipulasi data, menampilkan beberapa operasi dengan tepat, mengombinasikan tulisan, warna, gerak, suara, dan video coy. Dan juga bisa memuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.


Manfaat Teknologi Berbasis Komputer pada Proses Pembelajaran

  1. Peserta didik bisa terlibat secara aktif dalam proses belajar yang menarik dan bermakna.
  2. Peserta didik bisa menggabungkan ide-ide baru ke dalam pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya untuk memahami suatu makna.
  3. Peserta didik bisa saling bekerja sama dalam suatu kelompok untuk berbagi ide, saran, pengalaman, dan memberi masukan pada anggota lainnya.
  4. Peserta didik bisa secara aktif dan antusias atau bersemangat untuk berusaha mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan.
  5. Peserta didik melalui proses belajar secara inherent merupakan suatu proses sosial dan dialogis di mana peserta didik memperoleh keuntungan dari proses komunikasi tersebut.
  6. Situasi belajar peserta didik diarahkan pada proses belajar yang bermakna, yaitu melalui pendekatan upaya untuk memecahkan suatu permasalahan.
  7. Peserta didik bisa menyadari apa yang telah dipelajarinya, serta merenungkannya sebagai proses dari belajar itu sendiri.
  8. Pembelajaran bisa disampaikan melalui berbagai modalitas belajar, atau melalui panca indra, baik audio, visual, maupun kinestetik.
  9. Melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi.
So, seperti itulah beberapa manfaat dari teknologi berbasis komputer pada proses pembelajaran coy. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang sedang mendalami ilmu komputer (teknologi). Dan jangan lupa pula, jika sudah menguasai ilmu tersebut untuk dipraktikkan dalam proses pembelajaran ya coy! Karena ilmu tanpa diamalkan akan mubazir dan sia-sia coy.


Admin menjelaskan tentang materi di atas, tentunya menggunakan sebuah referensi coy. Adapun referensi yang Admin gunakan adalah sebagai berikut:
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Teknologi Berbasis Komputer pada Proses Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel