>

Manfaat Menghafal Al-Quran bagi Para Penghafalnya

Manfaat Menghafal Al-Quran

VADCOY - Menghafal al-Qur'an ternyata memiliki beberapa manfaat bagi para penghafalnya, terutama bagi orang Islam atau biasa yang disebut muslim. Langsung saja, inilah beberapa manfaat menghafal al-Qur'an bagi para penghafalnya.

1. Manfaat Spiritual

Satu hal yang harus kita yakini saat sedang menghafal al-Qur'an adalah kitab suci ini penuh dengan keberkahan. Hal ini dinyatakan sendiri oleh al-Qur'an dalam empat tempat:
  • Surat al-An'am ayat 92
  • Surat al-An'am ayat 155
  • Surat al-Anbiya ayat 50
  • Surat Shad ayat 29
Arti dari keberkahan itu sendiri adalah bertambahnya kebaikan pada sesuatu. Jika al-Qur'an adalah kitab yang penuh dengan keberkahan, maka mereka yang menghafalkannya akan mengunduh keberkahan itu secara terus-menerus. Keberkahan al-Qur'an tidaklah berbentuk materi, akan tetapi berbentuk non materi. Sedangkan kebaikan yang bersifat non materi ini pada akhirnya akan berimbas kepada materi juga. Kenyataannya, banyak pesantren al-Qur'an bisa berkembang menjadi pesantren yang maju dan semua kegiatan yang terkait langsung dengan al-Qur'an adalah keberkahan al-Qur'an itu sendiri.

Penghafal al-Qur'an atau biasa disebut hafidz, dia akan selalu hidup dengan al-Qur'an. Sebelum membaca al-Qur'an, kita terlebih dahulu membersihkan diri dengan berwudhu, kemudian menghadap kiblat dan memegang kitab suci ini, lalu membacanya dengan penuh khusyuk. Semua proses tersebut akan menciptakan rasa spiritual yang tinggi. Keimanan dan ketakwaan pun bisa bertambah dan terus bertambah. Dengan demikian, menghafal al-Qur'an bisa menciptakan generasi saleh dan berkarakter baik.

Saat sedang menghafalkan al-Quran, biasanya para penghafal akan mengulanginya sampai puluhan kali bahkan ratusan kali sampai betul-betul hafal. Semakin banyak al-Qur'an yang kita baca, semakin banyak pahala yang kita kumpulkan, semakin tinggi pula derajat kita di hadapan Allah SWT. Satu huruf dari al-Qur'an yang dibaca akan mendapatkan satu pahala, dan pahala tersebut akan dilipatgandakan sampai sepuluh kali. Bisa dibayangkan berapa banyak pahala yang didapatkan ketika menghafal al-Qur'an dan mengulangnya setiap hari, karena ketika mengulang bacaan itu, secara otomatis kita mendapatkan pahala membacanya juga. Orang yang telah menghafal al-Qur'an juga dihimbau agar menjaga hafalannya sehingga tidak sampai lupa.

2. Manfaat Etika dan Akhlak

Menghafalkan al-Qur'an bisa menciptakan generasi yang penuh etika. Sebagai gambaran, seorang penghafal harus menyetorkan hafalannya kepada gurunya. Ketika berhadapan kepada gurunya, mereka tentunya harus menjaga etikanya terhadap gurunya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka tidak mustahil jika dia akan memiliki etika dan akhlak yang bagus kepada siapa pun juga.


Dalam Islam, guru adalah orang ke tiga yang harus dimulyakan setelah ke dua orang tua. Bahkan dalam kondisi tertentu guru pun bisa menjadi orang pertama yang harus dimulyakan. Oleh karena itu, seorang penghafal al-Qur'an harus menghormati gurunya, apalagi guru dalam urusan agama. Guru bukan dalam urusan agama saja patut kita hormati, maka guru dalam urusan agama patut kita mulyakan.

3. Manfaat Intelektual

Manfaat menghafalkan al-Qur'an yang lainnya adalah menguatkan otak bagi para penghafalnya, terutama bagi mereka yang muslim. Otak merupakan salah satu dari anggota tubuh, yang mana jika digunakan secara terus-menerus akan semakin tajam dan daya ingatnya semakin kuat. Berbeda jika kita jarang menggunakannya, maka otak itu akan semakin tumpul dan daya ingatnya pun rendah. Maka tak heran jika para penghafal al-Qur'an memiliki daya ingat yang kuat, karena mereka sering menggunakan otaknya untuk menghafal al-Qur'an dan mengulangnya setiap hari.

Otak manusia seperti kumparan dalam mesin listrik, ketika menghafal ayat-ayat al-Qur'an kumparan itu terus bekerja dan mesin itu pun akan aktif dan dinamis. Sel-sel dan partikel di otak akan aktif, kemudian aktifnya sel dalam otak pun akan memperkuat otak itu sendiri. Hal ini akan bermanfaat untuk mengolah data yang masuk ke dalam otak, apalagi jika materi untuk menjalankan kumparan itu adalah Kalamullah yang demikian mulya.

Salah satu faktor penguatan intelektual seseorang dalam menghafal adalah ketika seorang penghafal jeli dengan keberadaan ayat-ayat yang mempunyai kemiripan redaksi. Hal ini mengharuskannya untuk teliti dalam mebedakan setiap ayat yang mempunyai kemiripan redaksi pada suratnya masing-masing. Kenyataannya banyak anak-anak penghafal al-Qur'an yang mempunyai prestasi yang bagus di sekolahnya, karena menghafalnya bisa menambahkan kecerdasan intelektual.

4. Manfaat Keilmuan

Kemudian manfaat menghafalkan al-Qur'an yang selanjutnya adalah keilmuan. Adapun untuk manfaat keilmuan ini banyak sekali macamnya, seperti yang akan dipaparkan di bawah ini:
Banyak menghafal kosa kata. Seseorang yang hafal al-Qur'an secara otomatis akan hafal 77.934 kosa kata. Jika dia mengerti arti dari kosa kata tersebut, berarti dia seakan akan menghafalkan satu kamus arabi qur'ani. Hal ini pun sangat bermanfaat bagi kehidupan ilmiahnya di masa mendatang.
  • Penghafal al-Qur'an juga akan banyak menghafalkan kaidah-kaidah nahwu dan sharaf. Justru contoh yang ada dalam al-Qur'an lebih valid dibandingkan dengan contoh yang ada pada kitab lain.
  • Banyak menghafal dalil-dalil hukum. Dalam al-Qur'an terdapat sekitar 500 ayat-ayat hukum, mulai dari fikih ibadat, fikih muamalat, fikih munakahat, dan fikih jinayat. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya pada jurusan Islam.
  • Banyak menghafal dalil sejarah. Dalam al-Qur'an juga banyak diceritakan kisah-kisah yang menarik.
  • Banyak menghafal kata-kata hikmah. Dalam al-Qur'an juga terdapat kata-kata hikmah yang sangat berguna bagi kehidupan.
  • Banyak menghafal ayat-ayat kauniyah. Ayat-ayat kauniyah adalah ayat-ayat yang berkaitan dengan alam semesta. Ayat kauniyah dalam al-Qur'an berjumlah kurang lebih 700 ayat. Jika seseorang menghafalkan ayat-ayat tersebut, maka dia akan mampu menghadirkan ayat-ayat tersebut kala berhadapan dengan fenomena alam.


Menghafal ribuan ayat tentang akidah, ratusan ayat tentang kisah masa lalu, dan banyak lagi ayat yang berkaitan dengan tema kehidupan. Jika dia mampu menguraikan ayat-ayat tersebut, dia akan menemukan dengan mudah pandangan al-Qur'an terhadap tema-tema kehidupan manusia.
Masih banyak lagi manfaat menghafalkan al-Qur'an yang lainnya. Pada saat ini kegiatan menghafal al-Qur'an di Indonesia berada pada skala yang masif. Di mana-mana terdapat pesantren tahfidz al-Qur'an. Kegiatan ini sangat positif bagi terciptanya generasi yang saleh, cerdas, dan inovatif. Hal ini juga bisa membuat kejayaan Indonesia dalam suasana yang religius.

Wallahu A'lam Bishawab

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Menghafal Al-Quran bagi Para Penghafalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel