>

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berlubang! No. 3 Umum Terjadi

Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berlubang

VADCOYGigi merupakan salah satu pemberian Tuhan yang sangat berharga kepada manusia, bahkan bukan manusia saja yang memilikinya, tapi binatang pun memiliki pemberian Tuhan yang sangat berharga ini coy. Sebagai rasa syukur terhadap pemberian ini, salah satunya adalah dengan merawat dan menjaganya agar tetap sehat dan bersih. Adapun ciri-ciri gigi yang sehat adalah tidak ada rasa sakit, tidak berkerak, dan juga tidak berlubang.

Faktor masalah terbesar pada gigi yang sering dialami oleh semua orang adalah adanya lubang pada gigi mereka coy. Gigi yang berlubang sangat menggangu ketika kita mengunyah makanan, terlebih jika jenis makanan itu tergolong makanan keras. Mengapa gigi bisa berlubang? Ada beberapa kebiasaan yang apabila sering dilakukan ternyata bisa menyebabkan gigi berlubang coy. Kebiasaan ini sangatlah buruk untuk kesehatan gigi, karena bukan hanya bisa menyebabkan gigi berlubang saja, tapi bisa membuat gigi menjadi sakit juga. Seperti yang sudah diketahui, orang yang mengalami sakit gigi rasanya sungguh tiada duanya coy.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

1. Malas Menyikat Gigi

Malas menyikat gigi merupakan penyebab utama gigi berlubang coy. Karena jika gigi tidak dibersihkan dalam waktu sehari saja, maka sisa-sisa makanan akan menumpuk yang kemudian mengundang berbagai macam bakteri jahat untuk menggerogotinya. Terutama sikat gigi sebelum tidur malam, hal ini sangatlah penting untuk kesehatan gigi kita coy. Karena saat tidur semua aktivitas tubuh menurun, termasuk saat memproduksi air liur. Akibatnya, air liur sebagai pembersih alami tak bisa menekan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Hal ini diperparah dengan adanya sisa-sisa makanan, kemudian bakteri jahat akan mengolahnya menjadi plak dan menyebabkan gigi berlubang coy. So, sikatlah gigi kita minimal 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam agar gigi terhindar dari kerusakan dan berlubang!

2. Makan Makanan Manis

Kebiasaan yang selanjutnya adalah makan makanan yang manis. Makanan manis di dalamnya terdapat gula, tentunya semua orang sudah mengetahui tentang hal ini. Karena gula adalah salah satu bahan yang bisa membuat makanan menjadi manis coy. Sebenarnya yang menyebabkan gigi berlubang tersebut adalah gula yang terkandung pada makanan manis, karena dari sisa-sisa gula akibat makanan manis yang tidak dibersihkan, maka akan digrogoti oleh bakteri dan kemudian diubah menjadi asam coy. Air liur yang bercampur dengan asam bisa membentuk plak gigi. Plak inilah yang sebenarnya menyebabkan gigi berlubang, yang di dalamnya terdiri dari bakteri dan asam. Gigi yang tidak dibersihkan dengan benar dan rutin, maka plak akan menggerogoti bagian luar gigi yang disebut enamel, sehingga menghasilkan lubang kecil pada permukaan gigi tersebut coy.


3. Menyikat Gigi dengan Cara yang Salah

Berikut ini adalah cara-cara menyikat gigi yang benar.

  • Pertama-tama letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi yang dekat dengan tepi gusi, bentuklah posisi seperti sudut 45 derajat. Lalu, mulailah menyikat gigi pada gigi geraham atas atau pada gigi belakang, pada salah satu sisi mulut coy. Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama kurang lebih 20 detik untuk setiap bagian.
  • Kemudian bersihkan permukaan dalam gigi depan, caranya kita harus memegang sikat gigi dengan menggunakan ujung kepala sikat gigi.  Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi coy. Ulangilah gerakan ini sebanyak 2-3 kali.
  • Sikatlah gigi dengan lembut dan perlahan, jangan menyikatnya terlalu keras dan kasar. Karena menyikat gigi dengan cara yang kasar, hal tersebut akan membuat gigi rusak dan bisa menyebabkan gigi menjadi sensitif coy.
  • Jika kita menyikat gigi dimulai dari bagian geraham atas, maka kita harus menyelesaikan sikatan pada gigi geraham bawah coy. Habiskan waktu sekitar 2-3 menit untuk menyikat seluruh bagian gigi.
  • Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar, karena jika kita menyikat gigi dengan gerakan lurus bisa menyebabkan gusi rusak coy.
  • Berkumur-kumur dengan air bersih sampai busa yang ada pada gigi hilang coy.
Sikatlah gigi dengan cara di atas tersebut. Jika kita menyikat gigi tidak dengan cara tersebut, maka kita masih menyikat gigi dengan cara yang salah. Sedangkan menyikat gigi dengan cara yang salah jika dibiasakan terus-menerus bisa membuat gigi rusak, yang kemudian bisa menyebabkan gigi berlubang karena masih terdapat sisa-sisa makanan yang belum dibersihkan coy. Tentu saja hal ini akibat dari menyikat gigi dengan cara yang salah.

4. Menggunakan Sikat Gigi yang Tidak Sesuai

Ternyata pemilihan sikat gigi juga berpengaruh terhadap kerusakan gigi coy. Bagaimana cara memilih sikat yang benar? Karena setiap orang mempunyai mulut dan rongga gigi yang berbeda, tentunya untuk pemilihan sikat giginya pun berbeda coy.

Pertama, pilihlah sikat gigi yang bagus dan lembut bulunya. Jangan gunakan sikat gigi yang rusak coy! Bulu sikat yang lembut terasa nyaman dan aman untuk gigi, berbeda dengan bulu sikat yang kasar. Berhati-hatilah jika menggunakan bulu yang kasar, karena bisa merusak gigi kita coy.

Kedua, pilihlah sikat gigi yang menjangkau semua bagian, agar sisa-sisa makanan bisa hilang semua dan gigi menjadi bersih coy. Terutama sisa-sisa makanan yang manis, diusahakan untuk dibersihkan semua jangan sampai ada yang tersisa.

Terakhir, pilihlah pegangan sikat gigi yang nyaman digenggam coy. Jika kita memilih sikat yang tidak nyaman digenggam di tangan, tentu sangat membahayakan untuk gigi kita. Biasanya akan menyebabkan kesalahan dalam menyikat yang bisa mengakibatkan gigi rusak, bahkan gusi bagian  atas berdarah jika sampai menyikat gigi terlalu kasar coy.


5. Membiarkan Mulut Kering dalam Jangka Waktu Lama

Lalu kebiasaan yang terakhir adalah membiarkan mulu kering dalam jangka waktu lama. Tanpa adanya air liur, bakteri bisa menempel pada email gigi dan mulai menggerogotinya sampai berlubang coy. Mulut yang kering disebabkan oleh kurangnya air liur dalam rongga mulut. Sedangkan salah satu penyebabnya adalah efek samping dari sering  mengonsumsi obat-obatan coy. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan menghilangkan kelembapan pada gigi dan gusi. Karena air liur sebenarnya memiliki sifat anti bakteri ringan yang digunakan untuk membersihkan plak dari gigi coy.

Salah satu yang memperlambat peningkatan gesekan pada gigi adalah adanya produksi air liur secara alami coy. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka kurangnya air liur akan memberikan kontribusi untuk berkembangnya pembusukan dan gigi berlubang. So, berhentilah mengonsumsi obat-obatan jika sudah tidak diperlukan lagi coy! Hindari juga tubuh dari keadaan dehidrasi agar mulut tidak kekeringan!

Penyebab mulut kering yang lainnya adalah dehidrasi, maka perbanyaklah minum air agar tidak terjadi dehidrasi coy. Bukan hanya dapat menyebabkan gigi berlubang saja jika membiarkan mulut dalam keadaan kering, tapi juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Maka minumlah air mineral minimal 2 liter atau 8 gelas ukuran 200 ml. sehari, agar kita tidak terkena dehidrasi coy.

Belum ada Komentar untuk "5 Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berlubang! No. 3 Umum Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel