>

4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Mata Rusak

Menyebabkan Mata Rusak

VADCOY Mata adalah jendela dunia, karena itulah mata harus tetap sehat dan terlindungi. Organ yang satu ini, termasuk organ yang rentan terhadap berbagai kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. So, kita harus menjaganya dan merawatnya agar tetap sehat coy! Bagaimana cara menjaganya? Tentunya, dengan menghindari kebisaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mata rusak coy. Lalu, apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut? Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mata rusak.

1. Sering Terkena Sinar Radiasi

Apa itu sinar radiasi? Sinar radiasi adalah pancaran energi yang bentuknya panas, partikel, atau gelombang elektromagnetik yang muncul dari sumber radiasi tersebut. Mata yang sering terkena sinar radiasi akan berpengaruh terhadap kornea, lensa, serta retina mata coy. Adapun beberapa sinar radiasi yang bisa merusak mata seperti ultraviolet, laser, dan infra red. Oleh karena itu, hindari mata kita dari sinar radiasi tersebut coy, agar mata tetap sehat dan tidak rusak.

Adapun jika terpaksa harus terkena dari sinar radiasi itu, maka usahakan untuk menggunakan kacamata pelindung coy! Agar mata kita tidak berdampak terlalu parah saat menerima sinar radiasi tersebut.

2. Melihat Layar HP atau Komputer dalam Jangka Waktu Lama

Kebiasaan buruk yang selanjutnya adalah terlalu lama melihat layar HP atau komputer. Hal ini bisa mengakibatkan penglihatan mata terganggu coy. Gangguan penglihatan dalam dunia kedokteran disebut Computer Vision Syndrome (CVS), dengan gejala mata kering karena jarang berkedip. Untuk mencegahnya, kurangi durasi melihat layar HP atau komputer coy! Lalu hindari juga menggunakan HP di tempat gelap yang memicu otot dan syaraf mata bekerja lebih berat. Jangan menggunakan HP dalam posisi miring atau sambil tiduran coy! Jika mata kalian ingin tetap sehat dan terjaga, hindari hal tersebut, agar mata kita tidak cepat rusak.


3. Membaca Sambil Tiduran

Ketika membaca, jarak ideal antara mata dan buku adalah 25-30 cm. Saat membaca sambil tiduran, sulit untuk mempertahankan jarak yang ideal tersebut coy. Biasanya, jarak mata dengan buku yang dibaca berubah-ubah, bahkan semakin dekat dan lebih dekat lagi. Maka, efeknya mata akan bekerja lebih keras karena saat membaca kita perlu konsentrasi coy. Lama-kelamaan mata akan menjadi lelah, dan jika terus menerus dilakukan, maka mata pun akan menjadi rusak dan penglihatan menjadi kabur. So, hindari membaca apapun sambil tiduran coy! Apakah itu membaca buku, koran, komik, bahkan yang paling parah adalah membaca dengan menggunakan gadget.

4. Membaca di Tempat Gelap atau Kurang Cahaya

Lalu kebiasaan buruk yang terakhir adalah membaca di tempat gelap atau cahaya yang kurang terang. Dalam membaca, mata juga memerlukan cahaya yang cukup terang coy. Cahaya berperan untuk mempermudah kita mengenali huruf atau kata yang kita baca. Jika kita membaca dengan cahaya yang redup atau bahkan tidak ada cahaya sama sekali, maka mata akan bekerja lebih keras 2 kali lipat dari biasanya coy. Adapun dampak buruk yang akan terjadi jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka mata akan menjadi rusak dan kemungkinan terburuknya adalah penglihatan mata menjadi kabur.


Semoga dari beberapa ulasan tentang kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mata rusak di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga mata kita agar tetap sehat coy! Periksalah mata kalian minimal 2 kali dalam satu tahun ke dokter mata!

Belum ada Komentar untuk "4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Mata Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel