>

Kamu Harus Coba! 5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

 Rasa Percaya Diri

VADCOY - Hi guys pernah ga sih kalian merasa ga percaya diri? Merasa rendah diri ketika ingin melakukan sesuatu? Merasa diri tidak memiliki kemampuan apa-apa dibanding teman-teman kalian, sehingga menyebabkan posisi kamu stuck di situ-situ saja tak bergerak! Setiap akan mencoba hal baru selalu takut dan malu? Ada yang seperti itu? Atau mungkin di sekitar kamu ada yang seperti itu? Jangan khawatir guys! Dulu mimin juga gitu, bahkan sampai sekarangpun kadang grogi atau merasa kurang PD masih tetap aja ada. Itu normal ko..

"Loh kalau normal, lalu untuk apa di permasalahkan min? Ga ada masalah dong kalau gitu?"
Eeeiiitsss tunggu dulu, perasaan seperti itu memang normal teman-teman, selagi kamu masih bisa mengatasi dan mengendalikan diri kamu dan memposisikan diri kamu sesuai dengan tempatnya. Yang jadi masalah adalah ketika ketidakpercaya dirian menjadikan diri kamu malah down dan tidak bisa mengembangkan diri dengan semaksimal yang kamu bisa.

Lalu Bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri? Oke oke.. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

1. Belajar Menghargai Keberhasilan Sekecil Apapun

Kurang menghargai keberhasilan yang kita raih akan membuat ketidakpercayaan diri, misalnya sering mengeluh dan menyalahkan. Untuk itu, buang sikap negatif tersebut, cobalah bersyukur dan berterima kasih atas apa yang kamu peroleh dan raih. Misalnya, kamu berhasil memimpin rapat, berhasil bernegosiasi dengan investor dengan baik, berhasil menjadi tim terbaik, dan keberhasilan-keberhasilan yang lain.

Setelah menghargai tiap keberhasilan yang kamu raih, yakinkan diri kamu dengan cara “saya bukan apa-apa tadinya dan kini saya ingin menjadi apa yang saya cita-citakan! Saya akan melakukan apapun yang terhormat untuk meraih cita-cita itu, karena itu layak diperjuangkan!” Ketika rasa percaya diri itu semakin kuat, pasti ada keinginan atau harapan atau cita-cita yang ingin diraih, maka tulislah setiap keinginan tersebut! Fokus terhadap keinginan itu, dan lakukan untuk mencapai keinginan itu!


2. Jangan Membandingkan Kekuranganmu dengan Kelebihan Orang Lain

Menjadikan teman yang prestasinya jauh di atas kita boleh saja, selagi itu akan menjadi motivasi kita untuk semangat mengimprove diri kita agar lebih baik lagi. Tapi kalau membandingkan diri dengan orang lain hanya ingin merenungi kekurangan kita, jangan! Karena manusia diciptakan dengan keunikannya masing-masing.

3. Membangun Relasi Baik

Formula yang dibutuhkan untuk membangun relasi ini sangat sederhana, yaitu ada dalam diri kamu dan pikiran kamu. Isi pikiran kamu dan keyakinan harus berani bertindak. Berani bertindak berarti berani bertemu, berani memulai, dan berani berpendapat. Jadi, dengan begitu kamu akan dengan mudah mendapatkan relasi.

Cara paling sederhana adalah ikutlah sebuah perkumpulan atau komunitas yang kamu minati! Cobalah berkawan dengan anggotanya, secara aktif terlibat kegiatan-kegiatan yang diadakan di komunitas tersebut.

4. Memperaktikan Manajemen secara Efektif

Berurusan dengan orang memerlukan kesadaran penuh sebagai manusia yang memiliki potensi, bakat, dan minat yang berbeda-beda. Maka dari itu di sinilah pentingnya manajemen, di sinilah diperlukannya proses yang berkesinambungan, sehingga membutuhkan suatu sikap yang ulet. Ulet adalah suatu sikap yang tahan dan lentur, tidak mudah patah dan adaptif. Manajemen yang diperlukan bukanlah sekadar manajemen yang dikenal atau diketahui melalui buku-buku. Karena menghadapi orang tidak semudah yang dibayangkan.


5. Memperluas Wawasan

Tidak hanya menghargai keberhasilan, membangun relasi dan memperaktikan manajemen dengan efektif untuk menumbuhkan rasa percaya diri, tetapi memperluas wawasan juga diperlukan. Misal dengan membaca buku-buku motivasi diri. Hal yang terpenting adalah doa, karena itu merupakan harapan dan sumber kekuatan. Maka berdoalah! Mintalah apa yang kamu minta dengan sungguh-sungguh!

Pada saatnya Tuhan akan memberikan apa yang kamu minta, dan tentu pada saat yang tepat. Memang tidak sesederhana dengan praktiknya, harus ada usaha dan kesungguhan. Karena itu, doa tidak boleh diartikan meminta tanpa peduli. Kamupun harus berusaha, bekerja, dan pantang menyerah. Karena kegigihan dan keuletan disertai doa suatu saat nanti akan terjawab.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan rasa percaya diri kalian guys! semoga bermanfaat.. Dan jangan ragu untuk memulai sesuatu yang baik!

Belum ada Komentar untuk "Kamu Harus Coba! 5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel